Tahun 2016 sudah berakhir dan sekarang sudah memasuki awal Januari di 2017. Awal tahun biasanya digunakan untuk merefleksi apa saja pencapaian yang sudah didapatkan selama satu tahun ke belakang. Refleksi merupakan hal yang penting supaya kita bisa merancang resolusi di tahun berikutnya. Tentu saja pencapaian keberhasilan yang sudah didapatkan tidak semata-mata menjadikan kita melupakan kegagalan . Kegagalan juga perlu diingat dan dijadikan sebagai pembelajaran untuk mencapai keberhasilan selanjutnya.

Sebagai blogger tentunya saya punya banyak keinginan di tahun ini. Keinginan-keinginan itu ingin saya wujudkan entah itu seperti keinginan mempunyai modem bolt yang baru untuk menunjang aktifitas ngeblog, atau pun terus memperbaiki konten dan kemampuan menulis menjadi lebih baik lagi. Dari tahun ke tahun saya jarang menuliskan resolusi secara rinci, namun seiring bertambahnya usia, pada akhirnya membuat saya menulis kembali resolusi tersebut dan tentunya ini menjadi penyemangat saya untuk mencapainya.

Memperbaiki Ibadah

Hal yang terus ingin saya perbaiki adalah ibadah salah satunya adalah salat lima waktu tentunya saja dengan mengerjakan tepat waktu, dengan salat pula saya bisa berinteraksi secara vertikal dengan Allah SWT menjadi lebih baik lagi.

Hubungan Sosial

Harapannya di tahun ini dalam berinteraksi saya menjadi lebih baik lagi, entah itu interaksi di dunia nyata, maupun di dunia maya. Sebagai blogger tentunya tidak lepas dari media sosial, tempat di mana saya mengenal banyak teman dari Sabang sampai Merauke dengan berbagai karakter. Tentunya hal yang paling penting dalam berinteraksi tersebut harus adanya saling memahami dan kesabaran.

Mengembangkan Potensi Diri

Pengembangan diri menjadi hal penting. Saya yakin setiap orang punya potensi terkadang butuh proses untuk menggali potensi tersebut. Menggali potensi juga bisa dengan learning dan terus mengasah kemampuan yang saya punya. Pengembangan diri kuncinya tentu saja dengan menghilangkan rasa malas.

Mengingat hal-hal baru yang sudah saya lakukan tahun lalu, membuat saya harus belajar banyak, apalagi jika hal tersebut menyangkut kerjaan. Ya setidaknya jika tahun lalu keinginan belajar masih di bawah rata-rata maka tahun ini harus di atas rata-rata.

Pun sebagai blogger, harus terus banyak belajar agar terus update dengan hal-hal yang baru. Saya bisa belajar banyak hal baik dari lingkungan sekitar maupun orang-orang sekitar untuk menambah pengetahuan, dengan belajar dan terus update semoga saya bisa menulis konten yang bermanfaat bagi pembaca blog ini.

Hidup Sehat

Setiap orang pasti ingin hidup sehat, namun terkadang keinginan untuk hidup sehat tidak sejalan dengan usaha untuk terus hidup dengan pola yang sehat. Selain menjaga makanan agar asupan gizi bagi tubuh terpenuhi, hal penting lainnya yang perlu diperhatikan yaitu rajin berolahraga.

Jika di tahun lalu saya sangat jarang sekali berolahraga bisa dikatakan dalam sebulan mungkin hanya sekali, maka di tahun ini harus di usahakan minimal satu kali dalam seminggu. Selain olahraga dan menjaga pola makanan hal lain yang perlu saya perbaiki adalah pola istirahat, dengan tidur lebih awal dan istirahat yang cukup makan badan akan tetap segar menjalani aktifitas.

Begitu juga menjaga pikiran, jika di tahun lalu lebih banyak memikirkan hal-hal yang sebenarnya kurang penting, maka di tahun ini saya akan lebih membiarkan semuanya mengalir apa adanya, agar tiis ceuli dan herang panon.

Ya pada akhirnya saya ingin hidup sehat lahir dan batin, terlebih setelah saya sering melihat timeline akun sosmed dipenuhi dengan pertanyaan โ€˜situ sehat?โ€™ ๐Ÿ˜€

Liburan

Jika tahun lalu tenggelam dalam aktifitas sehingga liburan terlupakan, maka tahun ini jadwal liburan harus direncanakan jauh-jauh hari. Liburan tidak selalu harus berpergian jauh, apalagi harus ke luar kota. Tahun ini semoga bisa berlibur jika punya dana lebih mungkin bisa ke luar kota yang belum pernah saya kunjungi.

Ini catatan resolusi saya, kamu resolusimu apa di tahun ini? Apa yang ingin kamu lakukan?. Resolusi menjadi bagian peta dalam perjalanan hidupmu, ambil kertas dan tulislah dengan jujur.