Buat sebagian blogger, mengikuti kompetisi blog sepertinya sudah menjadi ritual yang rutin dilakukan, apalagi hampir setiap minggunya selalu muncul lomba-lomba baru, dan hadiahnya pun bisa dibilang lumayan besar.

Ada yang serius sampai berlangganan jadi juara, tapi ada juga yang iseng-iseng berhadiah. Menang syukur… enggak juga alhamdulillah. Eeeh akhirnya menang juga.

Eniwey dalam tulisan ini saya tidak akan mempermasalahkan motif (iseng atau serius) dalam mengikuti lomba, melainkan memberi sedikit saran agar selektif dalam memilih lomba, agar terhindar dari kompetisi atau lomba yang berindikasi scam.

Emang ada lomba atau kompetisi online yang tipu-tipu?

…ada, kalau masih kurang percaya silahkan Googling aja

Motifnya macam-macam, dari yang saya tahu sih

  • Penyelenggara hilang rimba saat akhir ata udealine kompetisi
  • Hadiah tidak kunjung datang
  • Pemenang fiktif
  • Pungutan pajak oleh penyelenggara yang tidak semestinya

Kalau lagi apes hal seperti itu bisa terjadi pada semua orang termasuk aku dan kamyu, nah sebagai upaya untuk meminimalisir diisengin oknum yang tidak bertanggung jawab kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut ini sebelum mengikuti lomba.

Identitas Penyelenggara

Penyelenggara lomba adalah perusahaan/orang yang punya hajat langsung tapi banyak juga yang pelaksanaannya dijalankan oleh agensi, biasanya sih informasi tersebut bisa dilihat di halaman resmi lomba.

Dalam hal ini mengetahui ideantitas mereka sangatkah penting, terutama jika penyelenggaranya bukan perusahaan/brand yang dikenal.

Jadi kamu tahu kepada siapa harus meminta pertanggungjawaban, in case ada yang salah dengan lomba.

Kontak

Idealnya penyelenggara menyediakan kontak khusus untuk keperluan lomba, seperti telepon, formulir kontak, email, atau minimal akun resmi panitia di jejaring sosial.

Tanpa ada jalur komunikasi, bersiap-siaplah untuk curhat dengan tembok ketika kamu butuh informasi tambahan atau sanggahan yang berkaitan dengan lomba.

Halaman Resmi

Informasi tentang lomba bisa didapatkan dari berbagai sumber, tapi yang lebih legit dan terjamin keakuratan adalah yang berasal dari halaman resmi entitas penyelenggara.

Jadi kalau menenemukan info tentang lomba, sebaiknya telusuri sampai ke halaman resminya.

Ketentuan & Persyaratan

Baca seluruh isi ketentuan dan persyaratannya dengan baik, baik teknikal maupun yang non teknikal, jangan sampai ada poin yang terlewatkan. Jika sudah dibaca maka pastikan semuanya masuk akal dan bisa kamu penuhi.

Jadwal

Lomba harus memiliki schedule yang jelas, dari mulai due date pendaftaran sampai tanggal dimana pemenang akan diumumkan. Ketiadaan jadwal akan memperbesar kemungkinan kamu untuk menjadi korban php.

Ini persis seperti yang dialami teman saya, sudah lewat sebulan dari batas akhir lomba tapi belum ada pengumumannya. Setelah saya cek di halaman resminya ternyata lomba tersebut memang tidak memilliki jadwal pengumuman.

Juri & Penilaian

Tidak ada aturan yang mengikat, bahwa penyelenggara harus mempublikasikan identitas juri dan poin-poin yang akan menentukan penilaian mereka. Tapi jika ya, setidaknya kamu bisa yakin bahwa seluruh materi yang diikutsertakan dalam lomba sudah dinilai dengan baik oleh orang yang kompeten.

Hadiah

Pastikan informasi mengenai hadiahnya jelas, terutama untuk yang berbentuk barang, jangan sampai kegeeran karena info yang tidak lengkap.

Contohnya… Juara ke 1 hadiah iPhone

Dan kamu pun membayangkan iPhone 7, eeeeeh pas jadi juara ternyata iPhone 3 😕


Sum

Mempertimbangkan hal-hal diatas tidak akan menjamin baik atau tidaknya sebuah lomba, tapi setidaknya bisa memperlihatkan keprofesionalan penyelenggara.