1

Berburu Makanan Di Gresik

Empat bulan sudah saya menghabiskan waktu di kota Gresik, 4 bulan loh bro & sist… itu bukan waktu yang sebentar loh…ya at least buat saya mah termasuk lama hahaha, apalagi belum pernah tinggal lama dan jauh dari Bandung.

Mau tahu gimana keadaan Gresik? Panasnya nendang banget…tapi bukan gara-gara denger orang mengaji loh ya 😀

FYI! matahari di sana tidak pake basa-basi untuk menyapa kulit, rasanya cletit-cletit gitu, teman-teman saya yang tinggal di Surabaya aja bilang ‘Gresik Puanas Puoool’, apalagi buat ukuran orang yang tinggal di daerah dingin… pastinya perlu waktu buat beradaptasi dengan cuaca sana.

Dimana bumi dipijak di situ langit dijungjung

Kira-kira begitulah adanya hidup ini, kalau mau bertahan hidup di tempat baru ya harus beradaptasi dengan keadaan sekitar. Anyhow saya bersyukur bisa beradaptasi dengan kebiasaan dan budaya sekitar.

Dalam kesehariannya orang sana jarang yang berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia, hal ini membuat ribet juga kalau bertemu orang yang baru dikenal, contohnya kalau beli sesuatu di warung atau pedagang makanan di kaki lima.

Ngomong-ngomong soal makanan nih ini saya jadi ingat bagaimana susahnya minggu-minggu pertama tinggal di Gresik. Cuma karena lidah yang kurang gaul, cari makan aja bisa sampai terdampar ke Surabaya, cuma karena pengen yang sesuai keinginan.

Tapi bukan berarti di sana ga ada yang enak… ternyata setelah berburu dan muter sana-sini banyak juga tempat makan yang lumayan cocok buat lidah saya.

Incase someday diantara kalian ada yang berkunjung ke sana, berikut daerah tempat dimana kamu bisa berburu makanan dan minuman yang enak di Gresik.

Daerah Kapten Dulasim

Karena kebetulan daerah ini dekat rumah dan tempat kerjaan jadinya hampir tiap hari saya sambangi, ya setidaknya buat cari makan siang atau makan malam kalau lagi males gerak jauh atau lagi tongpes.

Makanannya bervariasi, dari mulai pecel, rujak cingur dll…tapi kalau mau aman saya merekomendasikan jangan pilih makanan yang kurang familiar di lidah kamu deh.

Dari banyak makanan yang ada di sana yang menurut saya pas di lidah cuma Soto Lamongan yang lapaknya dekat perempatan Kapten Dulasim, tepat berada di depan A***mart, harganya terbilang murah meriah cuma 10rb per porsinya.

Nah kalau siang hari di sana ada gado-gado yang lumayan seger, masuk terus ke dalam nanti di pertengahan jalan ini kamu akan menemukan lapak kecil yang jualan gado-gado, berada tepat di seberang I***mart, soal harga ya lagi-lagi 10rb, murah kan…

Daerah GKB

Sampai saat ini saya belum ngerti daerah GKB ini apa nama jalan atau komplek perumahan, di bagian depan kamu akan menemukan sebuah taman, dan kalau masuk terus akan terlihat atmosfer yang berbeda.

Dibanding jalan lain yang ada di Gresik, GKB dipenuhi dengan tempat makan dan cafe-cafe yang menunya relatif campuran antara lokal dan luar, saya tidak menjamin rasanya bakalan enak tapi diantara beberapa yang saya coba ya terbilang lumayan nyaman di lidah.

Overall daerah ini cocok buat hangout malam hari, tapi liat-liat jam juga ya hehehe soalnya di Gresik itu paling-paling buka cuma sampe jam 10-11 malem, jadi jangan berharap nemuin tempat makan lebih dari jam segitu di Gresik.

Daerah Veteran

Mau maksi yang enak dengan menu lokal?, kalau pengennya gitu sebaiknya cobain deh beberapa restoran besar yang ada di daerah situ, diantaranya adalah rumah makan yang menyediakan berbagai olahan ikan bandeng (kemungkinan khas Gresik), plus minuman legen yang menyegarkan.

Oh ya di daerah situ ada juga restoran ikan bakar khas Sunda juga loh…

…hah Sunda?

Iya aseli nih hehehe saya juga nemu tempat makan ini kayak nemu cewe montok senangnya, secara lidah saya made in sana jadinya ya seperti makan di kota kelahiran saya, apalagi sambil disugihi lagu Cianjuran.

Masalah harga memang sedikit mahal, tapi yang namanya uang mah gakan bohong, 2 kali ngajakin engineer bule berjalan dengan sukses,  buktinya dia selalu nambah nasi plus lauknya.

Daerah Putri Cempo

Kalau lagi sumpek dan penat dengan kerjaan enaknya ya refreshing, salah satunya ya dengan cari tempat yang adem. Nah di Gresik ini ada daerah yang namanya Putri Cempo.

Karena letaknya berada di dataran tinggi maka daerah tersebut lebih adem, dan asiknya kita bisa lihat kerlap-kerlipnya city view di malam hari.

Kamu bisa pilih yang sesuai dengan keinginan, ada yang bentuknya warung kopi, kafe kecil sampai kafe gede yang bertingkat, dimana pemandangan sekitar bisa lebih terlihat. Mungkin ini satu-satunya daerah di Gresik dimana kita bisa nongkrong sampai jam 12 malam.

Harganya bervariasi, dari mulai yang murah meriah sampai yang agak mahalan dikit, dan jangan berharap banyak buat rasanya, tapi setidaknya lumayan lah bisa jadi teman lidah sambil menikmati indahnya malam di Gresik.

 

Comments 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *