Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dari Lomba Blog

Yudy AnandaBlogging25 Comments

lomba blog

Buat sebagian blogger, mengikuti kompetisi blog sepertinya sudah menjadi ritual yang rutin dilakukan, apalagi hampir setiap minggunya selalu muncul lomba-lomba baru, dan hadiahnya pun bisa dibilang lumayan besar.

Ada yang serius sampai berlangganan jadi juara, tapi ada juga yang iseng-iseng berhadiah. Menang syukur… enggak juga alhamdulillah. Eeeh akhirnya menang juga.

Eniwey dalam tulisan ini saya tidak akan mempermasalahkan motif, melainkan memberi sedikit saran agar selektif dalam memilih lomba, walaupun niatnya hanya iseng…

…tentunya enggak mau kan kalau harus diisengin orang.

Capek-capek menulis eh panitianya kabur, atau seperti yang terjadi beberapa bulan yang lalu, dimana oknum penyelenggara mencoba membuat peserta fiktif menjadi pemenang lomba.

Hmm.. hal seperti itu bisa terjadi pada siapa saja loh, termasuk kamu.

Oleh karena itu ada baiknya untuk pertimbangkan hal-hal berikut sebelum memutuskan untuk menjadi peserta lomba.

Identitas Penyelenggara

Penyelenggara lomba adalah perusahaan/orang yang punya hajat langsung tapi banyak juga yang pelaksanaannya dijalankan oleh agensi,Β biasanya sih informasi tersebut bisa dilihat di halaman resmi lomba.

Dalam hal ini mengetahui ideantitas mereka sangatkah penting, terutama jika penyelenggaranya bukan perusahaan/brand yang dikenal.

Jadi kamu tahu kepada siapa harus meminta pertanggungjawaban, in case ada yang salah dengan lomba.

Kontak

Idealnya penyelenggara menyediakan kontak khusus untuk keperluan lomba, seperti telepon, formulir kontak, email, atau minimal akun resmi panitia di jejaring sosial.

Tanpa ada jalur komunikasi, bersiap-siaplah untuk curhat dengan tembok ketika kamu butuh informasi tambahan atau sanggahan yang berkaitan dengan lomba.

Halaman Resmi

Informasi tentang lomba bisa didapatkan dari berbagai sumber, tapi yang lebih legit dan terjamin keakuratan adalah yang berasal dari halaman resmi entitas penyelenggara.

Jadi kalau menenemukan info tentang lomba, sebaiknya telusuri sampai ke halaman resminya.

Ketentuan & Persyaratan

Baca seluruh isi ketentuan dan persyaratannya dengan baik, baik teknikal maupun yang non teknikal, jangan sampai ada poin yang terlewatkan.Β  Jika sudah dibaca maka pastikan semuanya masuk akal dan bisa kamu penuhi.

Jadwal

Lomba harus memiliki schedule yang jelas, dari mulai due date pendaftaran sampai tanggal dimana pemenang akan diumumkan. Ketiadaan jadwal akan memperbesar kemungkinan kamu untuk menjadi korban php.

Ini persis seperti yang dialami teman saya, sudah lewat sebulan dari batas akhir lomba tapi belum ada pengumumannya. Setelah saya cek di halaman resminya ternyata lomba tersebut memang tidak memilliki jadwal pengumuman.

Juri & Penilaian

Tidak ada aturan yang mengikat, bahwa penyelenggara harus mempublikasikan identitas juri dan poin-poin yang akan menentukan penilaian mereka. Tapi jika ya, setidaknya kamu bisa yakin bahwa seluruh materi yang diikutsertakan dalam lomba sudah dinilai dengan baik oleh orang yang kompeten.

Hadiah

Pastikan informasi mengenai hadiahnya jelas, terutama untuk yang berbentuk barang, jangan sampai kegeeran karena info yang tidak lengkap.

Contohnya… Juara ke 1 hadiah iPhone

Dan kamu pun membayangkan iPhone 7, eeeeeh pas jadi juara ternyata iPhone 3Β πŸ˜•

Sum Up

Mempertimbangkan hal-hal diatas tidak akan menjamin baik atau tidaknya sebuah lomba, tapi setidaknya bisa memperlihatkan keprofesionalan penyelenggara…

25 Comments on “Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dari Lomba Blog”

  1. Bener banget sih itu yang soal situs resmi. Kemarin ada teman Facebook yang ngeshare lomba menulis esai. Hadiahnya buat juara 1 kalo gak salah ingat 10juta, tapi nggak ada websitenya. Pas gue tanya, bisa liat info resminya di mana? Katanya di Instagram. Udah gitu naskah lombanya harus dikirim ke email gratisan. Agak gak masuk akal aja sih kalo hadiah sebesar itu tapi pake email gratisan dan gak ada website resmi. πŸ˜€

    1. memang mencurigakan, tapi kadang ada juga yang memang panitianya meggunakan akun alakadarnya. Supaya lebih meyakinkan sih coba aja ditelusuri dulu akun yang bersangkutan

  2. Bener banget. tapi, ku pernah ikut lomba dimana penyelenggaranya adalah anaknya salah satu pengusaha terkaya negeri ini, ex ketum parpol pula. Eh dianya malah ga profesional. tema lomba adl “jika aku CEO perusahaan dia”. Dengan alasan masih banyak ide yg belum tertampung maka lomba diperpanjang. pikirku, itu sih lebih menguntungkan dia bukan peserta. Makanya, diriku ga akan mau nyoblos partai dia. wkwkwk *clue: partai kuning* πŸ˜€

    1. kalau memperpanjang lomba masih dalam tahap wajar, soalnya penyelenggara kan punya target apalagi kalau animo calon pesertanya besar πŸ˜‰

  3. Saya setuju dengan poin-poin di atas agar kita tidak kecewa. Penyelenggara lonba memang harus profesional dan bermoral, apalagi jika brand besar.
    Keterlambatan atau pengunduran waktu pengumuman pemenang tanpa alasan yang jelas bisa merusak kredibelitas brand.
    Terima kasih tipsnya.
    Salam hangat dari Jombang

  4. saya pernah ikutan kontes blog yang diselenggarakan oleh shopcoupons dan involveasia, dari bulan puasa sampai sekarang pemenang nggak pernah diumumkan

    1. sebaiknya segera minta konfirmasi lebih lanjut ke panitianya mba, atau bisa bikin pos tentang kasus tersebut di blog jika memang sulit mendapatkan jawaban dari panitia.

  5. Saya nggak habis pikir, apa motivasi panitia abal-abal terebut ngadain lomba ya? Apa mau nyuri ide dari peserta secara gratis? Hehehhe terlalu banyak orang pengen dapet hal yang wah dengan cara instant.

  6. wah… makasih sharingnya… saya baru beberapa kali ikut lomba, semoga saja tidak dipertemukan dengan orang yang tidak bertanggung jawab….

  7. sekarang pilah – pilih lomba sih, tema yang sesuai dengan minat πŸ˜€
    tapi sering ikut lomba bikin tulisan semakin terasah dan nambah teman juga πŸ˜€

  8. ada beberapa lomba yang terpercaya, pengumumannya via email. Yang mendapat email para pemenangnya saja. Saya pribadi kurang nyaman dengan pengumuman yang tertutup seperti itu, walaupun benar dan dapat dipertanggungjawabkan adanya.

  9. Sejauh ini sih saya belum pernah ikutan lomba Blog.

    Makasih buat info/sarannya, sangat membantu jika nanti saya mau ikut berpartisipasi. Oiya, salam kenal πŸ™‚

  10. saya seneng ikutan lomba dan selektif ikut yang bisa aja karena kalau dikejar semua habis tenaga, nanti isi blog postingan lomba semua lagi jadinya hehe, point2 di atas juga sudah diperhatikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *