Apa sih urgensi untuk memiliki domain sendiri kalau masih bisa dengan pakai domain dari platform blog yang kita gunakan? udah gak perlu bayar gratis tinggal pakai pula…

Begitulah kira-kira yang ada di pikiran blogger yang menggunakan blog publishing service seperti wordpress dan blogger, apalagi kalau sebelumnya sama sekali belum pernah punya domain sendiri.

Ya… masuk akal juga sih, apalagi kalau dilihat-lihat memang lebih ekonomis juga praktis, dan bisa saya pastikan semua blogger yang sekarang punya domain sendiri dulunya pasti punya pemikiran serupa sebelum akhirnya menemukan alasan yang tepat.

Nah, sebagai yang sudah lama menggunakan domain sendiri maka saya punya kewajiban untuk berbagi alasan kenapa kamu-kamu yang doyan nulis di blog dan sampai saat ini memang belum menemukan alasan yang jelas untuk membeli domain.

1. Kamu Mampu

Alasan pertama yang paling logis adalah kamu mampu membelinya. Sebagai perbandingan saya akan gunakan custom domain yang paling banyak digunakan yaitu .com, dimana harganya berkisar 150 ribu untuk 1 tahun.

Silahkan jumlah-jambleh (baca:hitung) sendiri apakah mampu menyisihkan 12 hingga 13 ribu per bulan untuk sebuah domain? Jika mampu ya kenapa tidak… apalagi jika kamu sudah punya penghasilan tetap.

2. Kamu Punya Rencana Untuk Monetize

Jangan salah tanggap ya, bukan berarti punya domain bisa mendatangkan uang secara instan tapi kalau memang punya keinginan supaya blog bisa mendatangkan uang maka memiliki custom domain bisa jadi first thing you must have (in order to monetize blog).

Anggap saja custom domain adalah langkah awal dan jembatan dari usaha kamu untuk membuat hobi menulis di blog bisa jadi sumber penghasilan tambahan.

3. Kamu Punya Pembaca Setia

Loh apa hubungannya punya pembaca dengan domain? jadi gini… Kamu tidak akan pernah tahu kalau suatu saat:

  1. Kamu move on untuk pindah ke platform blog yang lebih baik, misalnya dari blogger.com ke wordpress.com dsb atau vice versa.
  2. Tiba-tiba akun kena suspend karena menyalahi aturan dari penyedia blog atau kamu sama sekali kehilangan akses ke akun dan email yang digunakan untuk blog.

Kalau kamu lihat dengan seksama kedua kemungkinan diatas ending-nya akan sama yaitu kamu harus membuat akun baru dimana alamat blog akan berubah.

Lalu bagaimana cara kamu memberi tahu satu-persatu pembaca setia kamu bahwa kamu pindah blog? saya pastikan tidak akan bisa. Mau tidak mau kamu harus memulai lagi dari awal. Blogwalking, share link kesana kemari wah pokoknya proses yang melelahkan deh

Beda ceritanya kalau kamu punya custom domain sendiri, cukup import konten lama ke blog baru namun tetap dengan alamat blog yang sama, dan kamu tidak akan kehilangan pembaca setia.


Sum

Bisa jadi ada 1001 alasan lain untuk memiliki domain sendiri, tapi ketiga hal diatas tadi adalah alasan yang paling logis bagi saya waktu pertama kali membeli domain. Bagaimana dengan kamu masih mau pakai domain gratisan?